Wednesday 30 September 2015

Soesmaker KBB#48

Akibat keenakan liburan di tempat yang jaringan internetnya susah, lupa kalo blog ini sangat merindukan pemiliknya untuk corat coret disini...hahahah mulai lebay :p
Lupa juga kalo ada tugas tantangan yang belum saya selesaikan....heheheh bukan ga niat loh ya...tapi memang benar-benar lupa, dan setelah ngecek email (email isinya sudah sampai ribuan yang unread), ketemu deh sama surat tjinta dari KBB dan ternyata KBB lagi berulang tahun yang ke 8....waaaahhh selamat ulang tahun KBB, semoga menjadi lebih baik lagi kedepannya yaaaaa......
Oke, balik lagi ke isi surtjint yang saya dapat, tantangan kali ini adalah membuat soesmaker yang konon katanya ini jadi kue favorit para ibu ibu PKK, Bhayangkari, Dharma Wanita kalo lagi ada acara. Saya sendiri sih baru dengar nama kue ini, begitu baca namanya "SOESMAKER" langsung kebayang kue sus seperti yang biasa saya buat, tapi setelah baca resepnya, huaaa jauh beda dari cara membuat kue sus.... Btw, langsung ke resep aja ya teman temanku yang kecehhhh maksimal :)




Soesmaker
Sumber: Sajian Sedap

Bahan Isi:
1 siung                  bawang putih, dicincang halus
2 sdm                    tepung terigu protein sedang
150 ml                   air kaldu ayam
50 gram                ayam suwir
5 batang               buncis, diiris halus, direbus (saya pakai kentang)
30 gram                wortel, dipotong dadu, direbus
1/4 sdt                  garam
1/8 sdt                  merica bubuk
1/4 sdt                  pala bubuk
1/4 sdt                  gula pasir
1 sdt                      seledri, dicincang halus
1 sdm                    margarin untuk menumis

Bahan Cake:
5 bh                       kuning telur
3 bh                       putih telur
75 gram                gula pasir
1 sdt                      emulsifier (sp/tbm)
75 gram                tepung terigu protein sedang
50 gram                margarin, dilelehkan

Cara Pengolahan :
Isi:
Panaskan margarin. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang air kaldu ayam sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin.
Masukkan ayam suwir, buncis, wortel, garam, merica bubuk, pala bubuk, dan gula pasir. Masak sampai kental. Tambahkan seledri. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.

Cake:
Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan margarin leleh sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
Tuang sedikit adonan di cetakan muffin yang dioles margarin. Beri isi. Tutup lagi dengan adonan.
Oven 20 menit dengan suhu 190 derajat Celsius.
Untuk 25 buah


Jadi ya teman-teman, ini sebenarnya cake dengan isian rogout ayam dan sayuran kalo saya bilang sih, dan berhubung saya ga punya buncis dan seledri (bapak yang jual sayur ga jualan) akhirnya pake yang stoknya ada dikulkas, dada ayam, kentang dan wortel. Sayurannya juga tidak saya rebus, tetapi saya kukus biar vitaminnya ga banyak yang ikut terbuang bersama air rebusannya :) 
Kalo rasanya ini sumpah enak banget loh...ada rasa manis dan lembut dari cakenya dan ada rasa asin gurih dari isiannya, meskipun aroma seledrinya ga dapat :)
Sepertinya ini bakalan jadi salah satu isian snackbox saya buat arisan besok dirumah...sekalian buat tester ke teman-teman arisan, kali aja besok-besok ada yang pesen kan lumayan buat nambah isi dompet...hihihi :) dasar emak-emak pikirannya pasti ga jauh-jauh dari duit.... :)



0 comments:

Post a Comment